Kamis, 26 Desember 2013

Ganbatte Kudasai !!!

Ganbatte kudasai !

Anda mendengar ungkapan ini setiap hari di Jepang . " Lakukan yang terbaik ! " " Coba lebih keras ! " " Menempel it! " " Jangan menyerah ! " hanyalah beberapa dari pesan-pesan positif yang disampaikan .


Kata ini, bagi masyarakat Jepang memiliki arti yang sangat mendalam. tidak hanya untuk menyemangati seseorang, melainkan juga menyemangati diri sendiri dengan semangat para Samurai zaman dahulu. Sikap semangat inilah yang terus dipelihara sebagai budaya sehingga menjadikan bangsa Jepang menjadi maju seperti sekarang ini.

Bagi masyarakat Jepang, bekerja adalah suatu bentuk kebutuhan. Sehingga tidak heran ketika banyak ditemui masyarakat lanjut usia yang masih produktif bekerja. Pekerjaan yang dilakukan pun tidak semata-mata hanya karena gaji, melainkan kepuasan hati. Mereka melakukan pekerjaan dengan semangat samurai agar mendapatkan hasil yang maksimal. Hubungan antar manusia pun sangat diperhatikan masyarakat Jepang. Mereka akan selalu berusaha bersikap sopan dan salling menghormati untuk menjaga hubungan agar tetap baik untuk waktu yang lama. Karena hubungan yang baik tidak hanya akan menghasilkan keuntungan ketika mereka terlibat dalam suatu pekerjaan saja, tetapi dalam kehidupan sosial juga. Ketika suatu saat ada yang membutuhkan bantuan, maka mereka akan membantu dengan senang hati.


Sikap-sikap inilah yang patut dicontoh oleh bangsa Indonesia. Sikap saling menghormati, cinta dan melertarikan budaya sendiri,  sikap cinta damai, dan saemangat dalam mengerjakan setiap hal akan membuat Indonesia menjadi bangsa yang baik, bahkan lebih baik dari Jepang. Aamiin :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar